Wajah Pendidikan Indonesia

Rabu, Mei 07, 2025

Pengembangan Ekosistem Literasi Sekolah**


 Membumi langitkan literasi di Jakarta dalam rangka panen Buku di Jakarta.

Unsur yang terkait dengan program tersebut diantaranya:

 1. Sekolah 

Siapa saja unsur pendukung literasi di sekolah ?

  • Guru, 
  • siswa, 
  • perpustakaan, 
  • kepala sekolah, 
  • orang tua, 
  • komite sekolah, dan 
  • lingkungan sekitar. 

2. Koleksi (dari terdekat)

  • Koleksi literasi apa yang dimiliki saat ini?
  • Buku pelajaran, 
  • bacaan fiksi dan nonfiksi, 
  • koran lama, 
  • majalah, 
  • Jurnal
  • hasil karya siswa, 
  • koleksi digital dari Kemendikbud, YouTube edukatif, dan 
  • cerita rakyat lokal.

3. Yang Akan Dilakukan

Apa langkah penguatan literasi ke depan?

  • Membentuk tim literasi sekolah
  • Membentuk duta baca sekolah 
  • Bedah buku secara periodik
  • Jadwal rutin baca 15 menit/hari
  • Membuat pojok baca di kelas
  • Menulis jurnal siswa dan guru
  • Kolaborasi dengan perpustakaan daerah
  • Pembiasaan membawa buku
  • Memberikan tempat duduk di luar sesuai jmlah siswa 
  • Literasi digital: pelatihan dan praktik

4. Kendala Saat Ini

Apa tantangan yang dihadapi?

  •  Minimnya koleksi bacaan menarik
  • Belum semua guru aktif menjadi teladan literasi
  • Kurangnya dana untuk pengadaan
  • Keterbatasan perangkat digital
  • Kurang motivasi siswa
  • Kurangnya dukungan/motivasi dari orang tua 

5. Praktik Baik

Apa yang sudah berjalan baik?

  • Pojok baca kelas
  • Kegiatan menulis puisi/pantun, cerpen dan novel 
  • Presentasi/bedah buku oleh siswa
  • Literasi audio visual dari YouTube atau podcast edukatif
  • Kelas menulis kreatif mingguan

6. Yang Sulit Dijalankan

Apa yang sulit diterapkan?

  • Membaca rutin oleh seluruh siswa
  • Peran aktif semua guru dalam literasi
  • Pembiasaan menulis reflektif harian
  • Integrasi literasi dalam semua mata pelajaran

7. Mimpinya (Kolektif & Individu)

Apa impian bersama dan individu terkait literasi?

  • Sekolah menjadi komunitas pembelajar literat
  • Siswa menulis dan menerbitkan buku
  • Guru menjadi penulis aktif
  • Perpustakaan digital aktif 24 jam
  • Ada pameran karya tulis tiap semester

8. Yang Realistis Dilaksanakan

Apa langkah kecil tapi bisa dijalankan segera?

  • Baca 15 menit sebelum pelajaran
  • Membuat buku catatan membaca
  • Membuat jurnal harian
  • Mengundang penulis lokal
  • Membuat blog kelas
  • Membuat media kelas atau sekolah 

 9. Penugasan Siswa & Hari Belajar Guru

Bagaimana dengan kegiatan MGMP?

  • Setiap guru menulis buku sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing one teacher one book 
  • Setiap sekolah menugaskan Guru/team untuk membuat sejarah/rekam jejak sekolah 
  • Satu Sekolah 13 Buku
  • Siswa membuat resensi video dari bacaan
  • Proyek membaca dan menulis kelompok
  • Aktivitas membaca mandiri dengan laporan visual

10. Peningkatan Daya Baca Untuk mendongkrak PISA & UTBK Literasi

  • Latihan soal literasi membaca dan logika teks
  • Diskusi teks informatif & naratif
  • Penulisan esai pendek berbasis data
  • Membaca grafik dan tabel sebagai bagian dari literasi

11. Panen Buku Jakarta

Apa yang bisa diambil dari gerakan Panen Buku?

  • Menggalang donasi buku dari alumni/orang tua
  • Pameran buku karya siswa dan guru
  • Membuat event serupa secara lokal
  • Mewajibkan siswa untuk menulis cerpen atau novel
  • Mengadaka lomba menulis berkala

12. Praktik Perpustakaan Digital

Apa langkah awal praktik perpustakaan digital?

  • Katalogisasi buku dengan QR code
  • Gunakan Google Drive atau website sekolah/You Tube
  • Pelatihan pustakawan dan siswa
  • Integrasi dengan platform literasi digital nasional