Pengembangan Ekosistem Literasi Sekolah**
Membumi langitkan literasi di Jakarta dalam rangka panen Buku di Jakarta.
Unsur yang terkait dengan program tersebut diantaranya:
1. Sekolah
Siapa saja unsur pendukung literasi di sekolah ?
- Guru,
- siswa,
- perpustakaan,
- kepala sekolah,
- orang tua,
- komite sekolah, dan
- lingkungan sekitar.
2. Koleksi (dari terdekat)
- Koleksi literasi apa yang dimiliki saat ini?
- Buku pelajaran,
- bacaan fiksi dan nonfiksi,
- koran lama,
- majalah,
- Jurnal
- hasil karya siswa,
- koleksi digital dari Kemendikbud, YouTube edukatif, dan
- cerita rakyat lokal.
3. Yang Akan Dilakukan
Apa langkah penguatan literasi ke depan?
- Membentuk tim literasi sekolah
- Membentuk duta baca sekolah
- Bedah buku secara periodik
- Jadwal rutin baca 15 menit/hari
- Membuat pojok baca di kelas
- Menulis jurnal siswa dan guru
- Kolaborasi dengan perpustakaan daerah
- Pembiasaan membawa buku
- Memberikan tempat duduk di luar sesuai jmlah siswa
- Literasi digital: pelatihan dan praktik
4. Kendala Saat Ini
Apa tantangan yang dihadapi?
- Minimnya koleksi bacaan menarik
- Belum semua guru aktif menjadi teladan literasi
- Kurangnya dana untuk pengadaan
- Keterbatasan perangkat digital
- Kurang motivasi siswa
- Kurangnya dukungan/motivasi dari orang tua
5. Praktik Baik
Apa yang sudah berjalan baik?
- Pojok baca kelas
- Kegiatan menulis puisi/pantun, cerpen dan novel
- Presentasi/bedah buku oleh siswa
- Literasi audio visual dari YouTube atau podcast edukatif
- Kelas menulis kreatif mingguan
6. Yang Sulit Dijalankan
Apa yang sulit diterapkan?
- Membaca rutin oleh seluruh siswa
- Peran aktif semua guru dalam literasi
- Pembiasaan menulis reflektif harian
- Integrasi literasi dalam semua mata pelajaran
7. Mimpinya (Kolektif & Individu)
Apa impian bersama dan individu terkait literasi?
- Sekolah menjadi komunitas pembelajar literat
- Siswa menulis dan menerbitkan buku
- Guru menjadi penulis aktif
- Perpustakaan digital aktif 24 jam
- Ada pameran karya tulis tiap semester
8. Yang Realistis Dilaksanakan
Apa langkah kecil tapi bisa dijalankan segera?
- Baca 15 menit sebelum pelajaran
- Membuat buku catatan membaca
- Membuat jurnal harian
- Mengundang penulis lokal
- Membuat blog kelas
- Membuat media kelas atau sekolah
9. Penugasan Siswa & Hari Belajar Guru
Bagaimana dengan kegiatan MGMP?
- Setiap guru menulis buku sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing one teacher one book
- Setiap sekolah menugaskan Guru/team untuk membuat sejarah/rekam jejak sekolah
- Satu Sekolah 13 Buku
- Siswa membuat resensi video dari bacaan
- Proyek membaca dan menulis kelompok
- Aktivitas membaca mandiri dengan laporan visual
10. Peningkatan Daya Baca Untuk mendongkrak PISA & UTBK Literasi
- Latihan soal literasi membaca dan logika teks
- Diskusi teks informatif & naratif
- Penulisan esai pendek berbasis data
- Membaca grafik dan tabel sebagai bagian dari literasi
11. Panen Buku Jakarta
Apa yang bisa diambil dari gerakan Panen Buku?
- Menggalang donasi buku dari alumni/orang tua
- Pameran buku karya siswa dan guru
- Membuat event serupa secara lokal
- Mewajibkan siswa untuk menulis cerpen atau novel
- Mengadaka lomba menulis berkala
12. Praktik Perpustakaan Digital
Apa langkah awal praktik perpustakaan digital?
- Katalogisasi buku dengan QR code
- Gunakan Google Drive atau website sekolah/You Tube
- Pelatihan pustakawan dan siswa
- Integrasi dengan platform literasi digital nasional
0 Komentar:
Posting Komentar
<< Beranda