Social Icons

http://www.youtube.com/user/MrEdysiswanto?

Jumat, Oktober 09, 2009

Seperempat Penduduk Dunia Beragama Islam

Jawa Pos hari ini Jum'at, 09 Oktober 2009 memberikan berita tentang seperempat penduduk dunia beragama Islam . Perkembangan yang luar biasa.
Mudah-mudahan semakin cepat laju pertumbuhan pemeluk agama Islam.

LONNDON - Seorang di antara empat penduduk dunia adalah muslim. Indonesia menempati peringkat pertama dengan jumlah muslim terbanyak di seluruh dunia. Laporan itu disampaikan oleh Pew Forum on Religion and Public Life setelah meneliti, menyurvei, dan mengompilasikan data selama tiga tahun dari 232 negara serta teritori di seluruh dunia. Setidaknya, 60 persen dari 1,57 miliar populasi muslim seluruh dunia diperkirakan berada di Asia. Sedangkan 20 persen berada di Timur Tengah dan Afrika Utara.

"Jika dunia hendak menciptakan pengertian yang lebih baik antara AS dan dunia muslim, kini kita harus terfokus pada wilayah selatan dan Asia Tenggara, bukan Timur Tengah," ungkap Brian Grim, peneliti senior Pew Forum on Religion and Public Life, lembaga survei Amerika, kepada CNN kemarin (8/10).

Penelitian itu menghasilkan daftar sepuluh negara dengan penduduk muslim terbanyak. Peringkat teratas adalah Indonesia. Total umat muslim Indonesia 202.867.000 jiwa. Negeri Zamrud Khatulistiwa tersebut dikenal dengan 88,2 persen penduduknya muslim. Kemudian, ada Pakistan di posisi kedua, India ketiga, Bangladesh keempat. Berturut-turut mulai peringkat kelima hingga kesepuluh, ada Mesir, Nigeria, Iran, Turki, Aljazair, dan Maroko. Sebesar 99 persen penduduk Maroko muslim. Total pemeluk Islam di sana 31.993.000 jiwa.

Lembaga survei tersebut juga mendapatkan data yang tidak pernah disangka sebelumnya. Lebih dari 300 juta umat Islam tinggal di negara yang tidak menjadikan Islam sebagai agama mayoritas. Satu di antara lima muslim di dunia ternyata tinggal di negara minoritas muslim.


Tidak ada komentar: