Social Icons

http://www.youtube.com/user/MrEdysiswanto?

Minggu, Oktober 25, 2009

Musim Naik Haji Tiba


Banyak penduduk Indonesia yang akan berangkat menunaikan Ruku Isalm terakhir yaitu Haji. Haji merupakan kegiatan spiritual yang paling banyak mengeluarkan energi dan juga dana.

Banyak para jemaah haji yang memberikan mencertiterakan bahwa sbaiknya berangkat haji itu jangan menanti kalau sudah tua atau sudah pensiun. Kalau bisa berangkat haji ketika masih muda sehingga di sana tidak menemui permasalahan fisik.

Pemerintah Arab Saudi akan membatasi umur para calon jemaah haji. Umur maksimal kalau tidak salah 60 tahun. Aturan itu sebagai akibat banyaknya jamaah haji yang meninggal di sana. Walapun urusan yang satu ini urusan Tuhan YME namun pemerintah setempat akan tetap menerapkan batasan umur tersebut.

Ibadah haji merupakan perjalanan yang kita lakukan untuk napak tilas Nabi Ibrahim ketika mimpi untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail. Karena perintah Allah ini Nabi Ibrahim AS banyak menemui tantangan untuk menggagalkan rencana itu. Rintangan itu datangnya dari jin. Jin tersebut mengganggunya, sehingga dilemparlah Jin itu dengan batu dan matilah Jin tesebut. Gangguan itu sampai tujuh kali. Sedangkan Jin yang mengganggu itu juga semakin kuat dan semakin tinggi ilmunya. Sampai tujuh kali melempar batu untuk membunuh setan, yang akhir nya menjadi salah satu rukun haji.

Hikmah yang kita dapat ambil dari peristiwa itu adalah setiap ada niat baik, atau perbuatan yang bagus akan selalu mendapatkan halangan dan rintangan. Semakin besar niatan baik akan semakin besar pulan gangguan tersebut.

Sedangkan Istri Nabi Ibrahin merupakan lambang bagaiman cintanya seorang ibu yang akan memberikan setetes air di padang pasir kepada buah hatinya. Sampai lari-lari dari tujuh kali.

Sedangkan mengelilingi Ka'bah, merupakan pusaran atau pusat dari segala kehidupan. Kejadian itu menunjukkan bahwa Tuhan itu Esa dan tiada duanya.

Syarat Haji

Islam

Baligh (dewasa)

Aqil ( berakal )

Merdeka (bukan budak)

Istitha’ah (mampu)

Rukun Haji

Ihram (niat)

Wukuf di Arafah

Thawaf Ifadhah

Sa’i

Cukur

Tertib

Wajib Haji

Ihram yakni niat berhaji dari Miqot

Mabit di Muzdalifah

Mabit di Mina

Melontar Jumroh Ula, Wustho dan Aqobah

Thawaf Wada’

sumber: http://haji.depag.go.id

Tidak ada komentar: