Social Icons

http://www.youtube.com/user/MrEdysiswanto?

Senin, Agustus 03, 2009

PROFESI GURU MULAI DILIRIK

PENGUMUMAN SNM PTN baru saja berlalu. jurusan yang tidak sepi dari pengunjung masih dipegang oleh Kedokteran dan Teknik Industri. Berdasarkan laporan Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD rektor ITS, koordinator penilaian SNM PTN 2009 di Jawa POs 3 Agustus 2009 bahwa, jurusan kedokteran dan teknik industri (untuk IPA) dan psikologi (untuk IPS) masih menduduki peringkat tertinggi. Jurusan kedokteran favorit misalnya, kualitas intake yang diterima, bila dibuat skala 0-100, adalah minimal di atas nilai 96. Jurusan teknik terpopuler, seperti Teknik Industri ITB, mempunyai kualitas intake minimal di atas 94.

Sementara itu, peminat untuk pendidikan guru sekolah dasar (SD) dan peminat ilmu sains murni meningkat tajam. Kualitas nilai dari camaba guru SD dan ilmu sains pun meningkat drastis. Fenomena tersebut bisa menggugah optimisme kita akan peningkatan daya saing kualitas pendidikan dan pengembangan ilmu sains dasar sebagai basis ilmu terapan (teknologi) di masa mendatang.

Adanya peningkatan peminatan dan kualitas di bidang ilmu sains dasar (MIPA) menunjukkan ''hipotesis awal" bahwa pendidikan ilmu sains di tingkat pendidikan dasar dan menengah (dasmen) telah berjalan baik. Bila kondisi itu mampu dipertahankan, kualitas dan daya saing pendidikan akan semakin baik.

Mudah-mudahan dengan membanjirnya para calon guru yang berkualitas, akan membawa dunia pendidikan semakin berkualitas. Tidak bisa ditutup-tutupi bahwa SDM (guru) merupakan faktor utama untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Tidak ada komentar: