Social Icons

http://www.youtube.com/user/MrEdysiswanto?

Sabtu, Agustus 29, 2009

IKHLAS

Gambaran ikhlas sering kita dengan dari berbagai kultum dan khotbah adalah "jika kita memberikan sengan tangan kanan, tangan kiri tidak tahu dan sebaliknya.

Apapun yang kita lakukan kalau kalau tidak didasari ikhlas percuma dihadapan Allah SWT.

Ikhlas, terletak pada niat hati. Apakah ikhlas itu? Orang yang ikhlas adalah orang yang tidak menyertakan kepentingan pribadi atau imbalan duniawi dari apa yang dapat ia lakukan.

Konsentrasi orang yang ikhlas cuma satu, yaitu bagaimana agar apa yang dilakukannya diterima oleh Allah SWT. Jadi ketika sedang memasukan uang ke dalam kotak infaq, maka fokus pikiran kita tidak ke kiri dan ke kanan, tapi pikiran kita terfokus bagaimana agar uang yang dinafkahkan itu diterima di sisi Allah. A

Gambaran ikhlas yang lebih mudah diterima akal adalah " ketika kita ke belakang buang air besar maupun kecil, tidak mungkin dalam pikiran kita untuk melihat dan mengambil lagi barang ynng kita buang itu. Itulah gambaran ikhlas. Tidak pernah terlintas dalam hati untuk mengungkit-ungkit lagi atau mengenang apa yang telah kita lakukan.

Seperti yang dikatakan Imam Ali bahwa orang yang ikhlas adalah orang yang memusatkan pikirannya agar setiap amalnya diterima oleh Allah.

Tidak ada komentar: