Social Icons

http://www.youtube.com/user/MrEdysiswanto?

Sabtu, Mei 30, 2009

Pembelajaran Menjadi Pemimpin Di SMPN 1 Takeran


Lingkungan keluarga sangat menentukan dalma sikap dan perilaku anak didik di sekolah. Kedudukan mereka di dala lingang keluarga berbeda-beda, ada yang anak nomor pertama ada nomor ke dua dan ketiga juga ada ragil atau anak bungsu.

Dari posisi tersebut sifat peserta didik di sekolah akan berbeda-beda penampilannya dan cara kerjanya. Hal itu kalau pendidikan di rumah juga berlaku. semisal anak mbarep atau pertama mestinya anak ini akan lebih bertanggung jawab dari pada anak kedua atau ketiga. Melihat perilaku peserta didik sekarang yang cenderung tidak begitu bertanggung jawab dengan kedisiplinan dan etos kerja yang disipli maka SMPN 1 Takeran memberikan pelatihan bagaimana menjadi pemimpin yang baik.

Bagaimana mendidik jadi pemimpin?
Diantara peserta didik di SMPN 1 Takeran banyak juga yang posisi anak di rumah merupakan anak pertama, maka sebagai anak pertama harus bisa menjadi wakil dari orang tua. Tanggung jawab anak pertama juga lebih besar dari anak kedua dan yang lain. Selain itu anak pertama harus bisa menjadi contoh adik-adiknya.
Contoh ketika bangun pagi harus sudah rapi tempat tidur dan bersih lingkungannya. Jangan dibiasakan kamar anak kotor dan belum rapi. Setelah rapi dirinya maka baru memberikan contoh kepada adik-adiknya, sehingg adik-adiknya diajak untuk membersihkan dan merapikan tempat tidurnya. Pada awalnya sang kakak harus menemani merapikan tempat tidur dan lambat laun biarkan adiknya untuk bekerja sendiri tinggal sang kakak memberikan pujian dan mengevaluasinya.


Tidak ada komentar: